MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN (Pengertian, tujuan, manfaat, sumber belajar, dan alat peraga)

MEDIA PEMBELAJARAN

(Pengertian, Tujuan, Manfaat, Sumber Belajar, dan Alat Peraga)


A.       Pendahuluan

Media merupakan hal penting dalam pembelajaran, media pembelajaran merupakan  segala sesuatu yang dipakai dalam pembelajaran guna memudahkan terjadinya transfer ilmu pengetahuan. Media pembelajaran berguna sebagai perangsang pikiran anak didik, minat belajar, motivasi dan pemahaman adak didik (Ibrahim, 2010 : 112). Penggunaan media belajar yang tepat dan lengkap tentunya sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, dengan adanya media anak didik akan mudah dalam memahami mata pelajaran/materi yang diberikan oleh guru. Selanjutnya, ketika anak didik merasa mudah dalam mmemahami materi yang diberikan guru akan timbul rasa percaya diri, puas, dan bangga terhadap pencapaiannya tersebut. Rasa puas itulah yang bisa jadi akan menimbulkan rasa suka, motivasi untuk lebih giat belajar dan motivasi pengembangan pengetahuan yang lebih tinggi. Tidak jarang ketika anak didik mudah memahami materi pelajaran secara terus-menerus, akan merasa inilah mata pelajaran yang sesuai dengan kemampuan atau bakat saya, sehingga anak didik tersebut akan fokus dan terstimulus mengembangan kemampuanya dengan sebaik-baiknya.  

Pada awal munculnya media dalam pembelajaran sampai saat modern ini, media pembelajaran terus berinovasi, berkembang baik bentuk, jenis, kualitas dan kuantitasnya sesuai dengan kemajuan teknologi. Dengan perkembangan-perkembangan media yang ada dan meningkatnya tuntutan yang ada disekolah, hendaknya seorang guru terus mengupgrade pengetahuan dan kemampuanya dalam hal pemilihan dan pengoperasian media. Sehingga dengan kemampuan tersebut guru mampu menyediakan madia yang sesuai (secara kebutuhan dan kemajuan zaman), baik dan cukup secara kuantitas (Slameto, 2010 : 67). Lebih jelas, penyediaan media meliputi beberapa langkah berikut; Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, Perumusan tujuan, memilih, merubah dan merancang media pembelajaran, perumusan materi, pelibatan siswa dan evaluasi (Tejo Nurseto, 2011). Pemilihan yang baik dapat memaksimalkan fungsi dari media itu sendiri yakni sebagai alat yang dapat menumbuhkan ketertarikan anak didik akan media dan pesan yang ada didalamnya, media sebagai mediator antara anak didik dan guru dan media sebagai penyampai informasi dari guru kepada anak didik (Nunu Mahnun, 2012).

Banyak hal yang harus disediakan oleh guru menyangkut media pembelajaran, contoh; peralatan belajar seperti buku, lks, buku paket atau yang lainya. Media yang lain seperti  perpustakaan dan laboratorium.

Upaya guru dalam menyediakan berbagai media pembelajaran harus dilakukan dengan mengetahui jenis-jenis media dan pemanfaatannya, kompetensi dalam pengoperasian media, dan mempertimbangkan nilai dari media itu sendiri. Pemilihan media yang benar yaitu media yang mampu menciptakan kondisi belajar yang efektif, efisien dan sesuai dengan tujuan-tujuan pembelajaran (Ibrahim, 2010 : 113).

Penjelasan tentang media pembelajaran diatas menjadi latar belakang penulisan ini,  dengan beberapa fokus penulisan yaitu; pengertian, tujuan, manfaat media, sumber belajar, dan alat peraga pembelajaran.

 

B.       Pembahasan

1.         Pengertian Media Pembelajaran

Secara umum, kata media dalam KBBI berarti alat, sebagai perantara atau penghubung. A. Hafid (2011) berpendapat media adalah berkaitan dengan perantara yang berfungsi menyalurkan pesan dan informasi dari sumber yang akan diterima oleh penerima pesan. Dari penjelasan tersebut media dapat diartikan sebagai alat atau saranayang dapat menjadi perantara atau penghubung dan penyalur informasi.

Sedangkan media pembelajaran adalah sarana yang tepat dan efektif sebagai penyampai pesan guru kepada anak didikagar dapat memahami pelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang bermutu dan menunjang efektifitas pencapaian tujuan belajar (Danang T.J., 2011 : 37). Pendapat lain media pembelajaran adalah sarana yang dapat menstimulus belajar anak didik berupa alat yang disiapkan oleh guru agar dalam beelajar anak didik merasa lebih mudah, benar, cepat dan tidak terjadi penjelasanyang ambigu (Dini R., 2013 : 75). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan alat atau sarana penghubung yang telah disediakan agar dapat memberikan pemahaman terhadap anak didik secara tepat, mudah dan benar.

2.         Tujuan Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang meliputi  sarana penghubung belajar bertujuan  sebagai berikut;

a.      Memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar

b.      Menciptakan kondisi belajar yang efektif dan efisien

c.       Medorong anak didik untuk memahami pelajaran sesuai dengan apa yang dimaksud oleh guru

d.     Meningkatkan fokus belajar anak didik.

Media pembelajaran dimaksudkan untuk melengkapi dan mempermudah para guru dalam menyampaikan pesan materi pelajaran, bukan menimbulkan kebingungan guru dalam proses belajar mengajar. Maka media pembelajaran yang tersedia harus sesuai dann tepat dengan beberapa tujuan (Situmorang, 2009) berikut ini;

a.      Menciptakan pengalaman belajar bagi anak didik yang berbeda dan tidak monoton (variatif) yang nantinya akan meningkatkan motivasi belajar anak didik

b.      Menambah kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran khsusnya media yang menggunakan tekhnologi terbaru

c.       Proses belajar mengajar yang akan selalu diingat olleh anak didik

d.     Meningkatnyamotivasibelajar anak didik.

3.         Manfaat Media Pembelajaran

Beberapa manfaat penggunaan media dalam pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut;

a.      Menciptakan kondisi proses belajar mengajar yang menarik

b.      Memperjelas maksud atau isi dan tujuan materi pelajaran yang disampaikan guru

c.       Mempermudah dalam pemberian informasi edukatif terhadap anak didik

d.     Menciptakan variasi metode dalam pembelajaran, sehingga lebih menarik dan tidak monoton

e.      Anak didik terlatih untuk mendengarkan, membaca, mengamati, dan mengambil kesimpulan secara mandiri.

Tidak hanya itu, manfaat media pembelajaran disebutkan oleh Arsyad (2011 : 21) sebagai berikut;

a.      Proses belajar mengajar lebih baku

b.      Proses belajar mengajar lebih menarik

c.       Proses belajar mengajar  lebih interaktif

d.     Meningkatnya kualitas belajar

e.      Penggunaan waktu yang efektif dan efisien

f.        Proses belajar mengajar dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana

g.      Semangat belajar anak didik meningkat

h.      Guru lebih memiliki peran positif dalam Proses belajar mengajar

Media pembelajaran secara umum memberikan manfaat seperti yang disebutkan diatas. Namun secara individu guru dan anak didik, media pembelajaran masing-masing memiliki manfaat tersendiri yakni;

a.      Bagi guru

1)      Sebagai landasan dan arah mencapaitujuan proses belajar mengajar

2)      Proses belajar mengajar yang sistematis dan terarah

3)      Memberikan kemudahan bagi guru dalam menyusun kerangka pembelajaran

4)      Guru lebih teliti, fokus dan tersetruktur dalam proses mengajar

5)      Percaya diri guru meningkat

b.      Bagi anak didik

1)      Meningkatkan motivasi belajar

2)      Belajar lebih menarik dan bervariasi

3)      Struktur pelajaran lebih jelas

4)      Lebih mudah paham

5)      Belajar mendengar, membaca, mangamati dan mengambil kesimpulan

6)      Kondisi belajar anak didik lebih positif

4.         Sumber Belajar (Learning Resource)

Sumber belajar yaitu informasi atau materi yang akan disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media  yang dapat digunakan oleh siswa sebagai bagian dari kurikulum. Dalam penerapannya sumberbelaajar dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan media, ada yang berbentuk buku cetak, video, perangkat lunak atau beberapa bentuk dan media yang lain. Intinya sumber belajar tidak hanya terbatas dengan satu atau dua bentuk saja, apapun yang yang dapat menjadi informasi dan bisa diakses dan digunakan oleh guru dan anak didik sebagai materi pelajaran bisa disebut sumber belajar. 

Sumber belajar lebih rinci disebutkan oleh Liandina (2017) sebagai berikut;

a.      Tempat atau linkungan dimana anak didik dapat melakaukan penggalian informasi dan perubahan tinkah laku menuju kedewasaan. Tempat ataulingkungan tersebut bisa ditemukan disekitar kita, contoh; perpustakaan, museum, kebun, hutan, pasar, sungai, gunung, sawah, tempat bersejarah dan lain-lain.

b.      Benda, yang dimaksud benda disini adalah segala sesuatu yang dapat menjadi masukan atau bahan dalam pembelajaran anak didik. Contoh dari benda sebagai sumber belajar yaitu; bangunan bersejarah, benda-benda peninggalan zaman dahulu, fosil, dan lain-lain.

c.       Manusia, manusia yang dapat menjadi sumber belajar tentunya memiliki keriteria yang sesuai dengan apa yang ingin diketahui oleh anak didik dengan segala yang melekat pada manusia tersebut, bisa profesi, kadaan fisik, pengalaman, skill dan lain sebagainya.manusia sebagai sumber belajar seperti; guru, dokter, polisi, atlit, kiai dan lain-lain.

d.     Bahan, yaitu segala bentuk teks tertulis yang berasal dari buku cetak, lembar kerja siswa, diktat, web, komputer, dan bentuk rekaman dalam kaset, dan media elektronik lainnya.

e.      Realita atau fenomena yang yang sedang berlangsung, contoh perristiwa alam, peristiwa sosial, peristiwa budaya, peristiwa politik, dan peristiwa lain yang memiliki nilai positif untuk bahan ajar anak didik dalam proses pembelajarannya.

Sedikit membahas fungsi sumber belajar menurut Hijrah S. (2008) adalah sebagai berikut;

a.      Memberikan proses belajar mengajar yang konkrit dan langsung

b.      Mendekatkan materi yang belum atau tidak mungkin dijangkau dan dihadirkan

c.       Memperluas materi belajar

d.     Menyediakan materi yang real dan terpadu

5.         Alat Peraga

Alat peraga adalah alat yang dapat membantu guru untuk menjelaskan materi pelajaran dengan tujuan anak didik lebih mudah memahami dan termotivasi untuk belajar. Jenis alat peraga diantaranya yaitu alat peraga bentuk dan alat peraga warna.

Alat peraga sering juga dikaitkan dengan media pembelajaran. Namun pada dasarnya alat peraga dan media pembelajaran memiliki fungsi yang berbeda. Maksudnya adalah yang dinamakan alat peraga dalam penggunaannya tetap membutuhkan guru sebagai penyampai informasi yang akan dicapai dalam proses belajar mengajar, sedangkan media pembelajaran biasanya secara mandiri didalamnya termasuk informasi yang akan disampaikan guru (Oemar Hamalik, 2001 : 96). Sebagai contoh, ketika seorang guru menggunakan alat peraga berupa gambar atau replika barang tertentu, maka seorang guru harus menyampaikan secara langsung informasi apa yang ada dalam alat peraga tersebut. Berbeda dengan media pembelajaran, ketika guru membawa video tentang cerita atau pidato maka selama penayangan media tersebut informasi-informasi yang ada akan muncul dan guru tidak lagi banyak memberikan penjelasan informasi yang diinginkan.

Peranan alat peraga diantaranya adalah :

a.      Memungkinkan anak didik untuk belajar lebih banyak

b.      Membantu anak didik untuk lebih lama mengingat materi

c.       Menstimulus anak didik dalam belajar

d.     Belejar lebih nyata.

Alat peraga disediakan oleh guru agar proses belajar mengajar lebih baik, konkrit dan mudah dipahami.oleh karna itu, guru sebagai penyampai informasi harus mampu memberikan dan menyediakan alat peraga yang sesuai dengan kemampuan anak didik dan sesuai dengan kebutuhan materi.

 

 

C.       Kesimpulan

Media pembelajaran merupakan alat atau sarana penghubung yang telah disediakan agar dapat memberikan pemahaman terhadap anak didik secara tepat, mudah dan benar. Yang memiliki tujuan sebagai berikut; menciptakan pengalaman belajar bagi anak didik yang berbeda dan tidak monoton (variatif) yang nantinya akan meningkatkan motivasi belajar anak didik, menambah kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran khsusnya media yang menggunakan tekhnologi terbaru, proses belajar mengajar yang akan selalu diingat oleh anak didik dan meningkatnyamotivasibelajar anak didik.

Media pembelajaran bertujuan dpat menciptakan proses belajar mengajar lebih baku, proses belajar mengajar lebih menarik, proses belajar mengajar  lebih interaktif, meningkatnya kualitas belajar, penggunaan waktu yang efektif dan efisien, proses belajar mengajar dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana, semangat belajar anak didik meningkat dan guru lebih memiliki peran positif dalam proses belajar mengajar.

Yang dimaksud sumber belajar adalah informasi atau materi yang akan disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media  yang dapat digunakan oleh siswa sebagai bagian dari kurikulum yang bentuknya tidak terbatas. Alat peraga sendiri adalah alat atau sarana  yang membantu guru menjelaskan materi pelajaran dengan tujuan anak didik lebih mudah memahami dan termotivasi untuk belajar.

 

Daftar Pustaka


Azhar Arsyad, 2007, Media Pembelajaran. Jakarta Raja Grafindo Persada

Dini Rosdiana, 2013, Perencanaan Pembelajarandalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta

Ibrahim, Dkk. 2010, Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Ni Ketuk Kertiasih, Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Gerakan Dasar Tari Bali, JPTK, UNDIKSHA, Vol. 6, No. 1, Januari 2009.

Oemar Hamalik, 2004, Media Untuk Pembelajaran. Bandung : Remaja Roesdakarya.

Slameto, 2010, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta Rineka Cipta

Posting Komentar

4 Komentar